Tutorial Cegah Netcut pada jaringan Mikrotik (LAN) + Hotspot (Wifi)


Tutorial Cegah Netcut pada jaringan Mikrotik (LAN) + Hotspot (Wifi).


Tutorial ini saya buat semata sebagai referensi dan alternatif konsep rujukan buat para administrator network yang masih cupu seperti saya.  Maklum saya pernah mengalami masalah/hal yang sama pada jaringan yang pernah saya tangani. (designer grafis mendadak administrator, hehehe,,…)

Ok langsung aja yach

Sebelumnya : CMIIW

Tutorial ini menggunakan Mikrotik sebagai based implementation <—- ceileeee bahasanya wkwkwkwkwk
Konsepnya bisa diterapkan pada semua versi Mikrotik dan Implementasi pada Konsep Jaringan non Mikrotik lainnya.
Netcut : Memiliki kemampuan Metode Attacknya pada dasarnya bekerja dengan mengirimkan request random MAC (Dynamic based DHCP) ke IP yang dituju dengan mengacaukan alamat MAC Address pada request one by one menuju gateway, sehingga IP Address/MAC Victim jadi kacau dalam menentukan routing gatewaynya🙂 <— pemahaman saya loh😀 maaf kalau salah
Nah berdasarkan pemahaman saya (CMIIW), karena sifat Dynamic Routing MAC pada IP Victim itulah yang membuat Netcut mampu melakukan spoofing (menipu routing MAC ke Gateway atau proses route lainnya). Soo,,… kita perlu membuat agar entry MAC IP Victim menjadi static.

Kemudian tidak hanya itu, Netcut mampu melakukan scanning jaringan dengan membuat IP Table (List Jaringan IP), sesuai dengan kondisi Netmask/ Scope pada jaringan milik kita, sehingga Netcut mampu menampilkan list MAC pada IP Table tersebut. Contoh, jika jaringan kita memiliki rentang netmask/subnet = 24 atau 254 Komputer/Client. Maka Netcut akan menampilkan semua IP List + include MAC Address pada jaringan yang sedang “aktif (Client Aktif)” tersebut. Jadi kita musti merampingkan netmask pada jaringan kita hingga 2 Ip Client (CMIIW), agar Netcut tidak bisa melakukan listing (membaca) rentang IP.

Langsung ke penerapan pencegahan deh biar gk bingung lagi :
UNTUK LAN + HOTSPOT (Mikrotik) :

Buka Konfigurasi Mikrotik anda via winbox (GUI) atau via Terminal Console ya sama aja yang penting ngerti :

1. UNTUK HOTSPOT – IKUTI ALUR GAMBAR DARI BAWAH KE ATAS Gampang kok masa gk ngerti, ayo dong jangan mau disuapin aja.

2. UNTUK LAN – IKUTI ALUR GAMBAR DARI BAWAH KE ATASgak kurang dan gk lebih.

FINISH..!!!

Segala kekurangan dari tutorial ini saya kembangkan ke seluruh anggota KIOS, semoga bermanfaat dan jangan lupa menyertakan creditnya yah ke KIOS + Credit ke saya juga. Dan apabila tutorial ini ada sebelumnya entah dimana, maka saya mencoba untuk menyempurnakannya dengan segala yang ada keterbatasan saya.

nb: – Tutorial ini bukan untuk kepentingan komersil, semata hanya untuk pendidikan dan pengembangan belajar fundamental bagi para anggota KIOS.- Buat yang udah jago tolong mohon agar tidak offensif kepada penulis dan anggota lainnya !, karena membuat tutorial bukan perkara mudah, capeknya itu loh pas ngetik and ngedit gambarnya , belum lagi nunggu proses upload gambar disaat jam-jamnya koneksi lagi fakir bandwith

Salam Hormat, untuk seluruh anggota KIOS,
Arta.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s